Karya Ilmiah Kelompok - INOVASI USAHA KREATIF DALAM BISNIS ONLINE “PUDING BUAH PELANGI” SEBAGAI HIDANGAN PENUTUP

HARI INDUSTRI (HARIN) 2024 HMTI 
INOVASI USAHA KREATIF DALAM BISNIS ONLINE
“PUDING BUAH PELANGI” SEBAGAI HIDANGAN
PENUTUP



Nadila Ladesya Haibu Alfaris (41623010051), Nabila Alya Mukhbita
(41623010026), Revo Tazqif Wijanarko (41623010040)

Afiliasi Penulis
Universitas Mercu Buana - Jl. Raya, RT.4/RW.1, Meruya Sel., Kec. Kembangan,
Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11650

Emails Penulis

Abstrak: 

Kewirausahaan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dengan menjual produk Puding Buah dengan harga yang menguntungkan dan terjangkau. Puding buah telah menjadi salah satu hidangan penutup yang tak lekang oleh waktu. Menggabungkan kenikmatan manis puding dengan kelezatan segar buah-buahan, puding buah mampu memikat lidah dan mata dengan pesona rasanya yang memikat dan tampilannya yang menggoda. Selain itu, masyarakat Indonesia menyukai Puding Buah yang menjadi bagian dari ragam hidangan makanan penutup (dessert) yang populer di Indonesia. Puding Buah memiliki khasiat sebagai sumber gizi, yang mengandung banyak nutrisi seperti fat, mineral, kalsium, dan iron.

Kata Kunci: Puding, Buah, Dessert, Indonesia, Kewirausahaan.

PENDAHULUAN

Dengan adanya dorongan lingkungan dalam memotivasi anak muda berwirausaha, hal ini merupakan salah satu faktor utama yang dikatakan sebagai modal awal anak muda untuk membuka usaha. Terlebih lagi, jika melihat perekonomian Indonesia di zaman ini, dimana masih banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan dikarenakan lapangan pekerjaan yang kurang merata. Dimana jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah penduduk indonesia yang setiap harinya kian bertambah. Oleh karena itu, saat ini kita sangat membutuhkan bibit-bibit seorang wirausahawan yang dapat menciptakan lapangan kerja untuk orang lain sehingga angka penggangguran di Indonesia lambat laun dapat berkurang. Peluang untuk berwirausaha pada sektor makanan sangatlah besar dikarenakan semua manusia pasti membutuhkan makanan. Setiap pengusaha harus cerdas dan kreatif dalam menciptakan suatu usaha dalam bidang makanan. Sebab, pada era sekarang, jika kita semakin kreatif dalam membuat suatu usaha maka produk yang kita buat akan semakin menarik perhatian konsumen untuk mencoba produk tersebut.

Puding Buah merupakan salah satu inovasi yang berpeluang tinggi mempunyai hasil yang menguntungkan jika diperjualbelikan. Siapa yang tidak tahu dengan camilan/hidangan penutup dengan tekstur yang unik dan juga mempunyai rasa yang menyegarkan ini. Meskipun puding mempunyai rasa yang lezat tetapi, orang-orang mulai tidak tertarik dengan adanya puding dikarenakan makanan ini mempunyai penampilan yang biasa dan juga kurangnya nutrisi yang terdapat pada puding biasa. Oleh sebab itu, dengan adanya peluang yang berpotensi menghasilkan ini maka kami berencana untuk membuat usaha kuliner “Puding Buah Pelangi” yang sudah pasti kami buat berbeda dengan keunikan di dalamnya agar para konsumen lebih tertarik untuk membeli produk kami. Puding Buah yang kami maksud adalah puding yang warnanya menyerupai pelangi dengan mempunyai beberapa lapisan berbeda warna dan juga dengan isian buah yang berbeda-beda. Produksi puding ini dilakukan dengan peralatan yang sederhana, tetapi dapat dipastikan higienis, serta akan dijual dengan harga yang terjangkau, dan ini merupakan hal yang akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.

VISI, MISI, DAN TUJUAN USAHA

A. Visi

Membuat hidangan makanan penutup yang sehat dengan cita rasa yang menyegarkan juga berpenampilan menarik dengan harga terjangkau.

B. Misi

  1. Menyediakan hidangan penutup (dessert) dengan cita rasa inovatif, menyegarkan dan terjamin kebersihannya.
  2. Memberikan pelayanan yang cepat dan ramah yang terbaik kepada pelanggan.
  3. Memberikan kualitas terbaik, kebersihan dan keamanan dalam produksi makanan penutup.

C. Tujuan Usaha

Tujuan dari produk kami yaitu menawarkan makanan pencuci mulut atau dessert berbahan dasar buah-buahan dengan menggunakan bahan-bahan alami, praktis dan berkualitas untuk meningkatkan minat konsumen.

GAMBARAN USAHA

A. Jenis Usaha

Puding Buah Pelangi merupakan suatu produk puding yang unik dari kebanyakan produk puding lainnya, karena memiliki tampilan yang unik dan menarik serta varian rasa dan isi, yaitu dengan berbagai macam buah (anggur, strawberry, jeruk) yang sudah pasti memiliki kandungan yang bergizi. Variasi warna puding ini berasal dari pasta makanan yang sudah pasti aman dan juga menambah daya tarik produk. Dengan warna dan varian rasa dari puding ini tentu saja akan menarik para konsumen untuk menyicipi rasa Puding Buah ini.

B. Lokasi

Rumah produksi yang kami gunakan dalam usaha ini merupakan tempat tinggal salah satu pemilik yang berlokasi di Jalan Manyar 8 RT 005/ RW 021 No. 2, Kec. Ciputat , Kel. Serua, Tangerang Selatan. Pemilihan lokasi ini dikarenakan sistem penjualan kami yang masih menggunakan media sosial dan juga online shop, maka dari itu kami memproduksi usaha ini di dalam rumah produksi.

C. Gambaran Produk

Puding Buah merupakan usaha rumahan yang berlokasi di Jalan Manyar 8 RT 005/ RW 021 No. 2, Kec. Ciputat, Kel. Serua, Tangerang Selatan. Penjualan produk Puding Buah menggunakan promosi online guna menarik pelanggan dari berbagai penjuru arah. Puding buah ini dikonsumsi pada kemasan cup. Pada bagian dalam pudding terdapat potongan kasar cokelat, buah anggur, buah strawberry, dan buah jeruk. Keunggulan dari usaha ini adalah menggunakan bahan-bahan alami dan buah-buahan segar untuk menghasilkan cita rasa yang lezat bahkan berbeda dari pesaing lainnya. Harga yang ditawarkan pun terjangkau hanya Rp12.000,00 dan kami tersedia layanan delivery order dan menerima pesanan acara-acara seperti ulang tahun, seminar, dan acara-acara besar lainnya.

D. Keunikan & Keunggulan

Puding Buah yang kami buat merupakan suatu produk puding yang unik dari kebanyakan produk puding lainnya, karena memiliki rasa menyegarkan dan manis, tekstur lembut, tampilan yang unik dan menarik serta varian isi buah, dan ada berbagai varian buah seperti strawberry, anggur, dan jeruk yang cocok untuk hidangan penutup. Produk puding buah di jual secara online sehingga tidak ada antrian atau outlet dikarenakan kami tidak banyak untuk produksi dan lebih efisien dan tidak menambah biaya untuk sewa tempat menurut kami. Selain puding buah dengan tampilan yang unik harganya pun sangat terjangkau dan dapat disantap dari usia anak-anak hingga lansia.

SEGMENTASI PASAR

A. Sasaran Pasar

Produk puding buah bisa dinikmati oleh semua kalangan dimulai dari anak-anak hingga lansia/orang tua yang dapat menikmati produk ini karena menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

B. Perkiraan Permintaan & Penawaran Produk

  • Perkiraan permintaan produk:
Dengan kesadaran konsumen yang terus meningkat tentang kesehatan dan gizi, Puding Buah yang rendah gula, rendah lemak, atau mengandung buah-buahan organik mungkin akan menjadi lebih populer. Permintaan puding buah cenderung meningkat selama musim panas dan pada saat-saat liburan atau perayaan tertentu karena digunakan sebagai hidangan penutup yang lezat, menyegarkan dan cocok dengan cuaca yang hangat.
  • Perkiraan penawaran produk:
Untuk memperkirakan jumlah penawaran puding buah maka dilakukan survey penawaran ke pesaing di berbagai media sosial. Penawaran beli satu gratis satu, diskon, atau promosi lainnya dapat mendorong penjualan dan memengaruhi penawaran produk puding buah ini. Penawaran puding buah juga akan tergantung pada ketersediaan bahan baku utama, seperti buah-buahan segar, gula, gelatin, dan bahan-bahan lainnya. Perubahan dalam pasokan bahan baku dapat mempengaruhi jumlah produk yang diproduksi.

C. Strategi Pemasaran

Kami akan melakukan dengan pesan-antar (GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood), mempromosikan melalui media sosial (Whatsapps, Instagram, Facebook, X, dan lain-lain), dan membuat konten yang menarik tentang puding buah, seperti resep, tips penyajian, dan informasi gizi. Kami akan memberikan pelayanan pelanggan yang baik, seperti respon cepat terhadap pertanyaan atau keluhan pelanggan. Kami juga akan memberikan diskon dan potongan harga kepada para konsumen pada awal bulan, agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan memesan kembali.

D. Analisis Pemasaran (SWOT)

a. Kekuatan (Strength):

  1. Puding buah memiliki rasa yang menyegarkan, manis,, harum dan lezat dari puding dan buah-buahan sehingga membuat konsumen ingin merasakan produk ini.
  2. Puding buah bisa menjadi pilihan makanan penutup yang sehat karena memiliki kandungan kaya nutrisi.
  3. Harga puding buah sangat terjangkau bagi semua kalangan.
  4. Terdapat layanan sistem pemesanan online sehingga konsumen dari berbagai daerah Jakarta maupun luar Jakarta yang dapat memesan produk ini dengan tambahan biaya pengiriman.

b. Kelemahan (Weakness):

  1. Produk yang ditawarkan hanya 3 jenis buah. Jika selera konsumen terus berubah, mungkin produk ini akan ditinggalkan dan beralih ke produk lain yang lebih inovatif.
  2. Kemungkinan terjadi kekosongan stok.
  3. Merek yang belum terkenal karena masih baru produksi.

c. Peluang (Opportunities):

  1. Meningkatnya selera dan kesadaran gaya hidup sehat masyarakat Indonesia karena puding buah ini lezat dan mempunyai rasa beragam buah yang dapat menarik semua segmen pasar untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.
  2. Peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali, karena saingan untuk usaha ini bisa dikatakan belum banyak yang memakainya.

d. Ancaman (Threats):

  1. Pihak lain dapat meniru usaha puding buah ini terutama rasa puding yang tercampur dengan buah, hal ini tentu akan menambah saingan yang baru.
  2. Cuaca ekstream atau bencana alam dapat mengganggu pasokan buah-buahan segar, mengakibatkan kenaikan harga atau ketersediaan yang rendah.
  3. Adanya toko online yang ada di masyarakat menjualkan dagangan puding buah mereka dengan harga yang lebih murah.

ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN

A. Struktur Organisasi

Kami memiliki 3 tenaga kerja yang akan dibagi-bagi tugasnya.
  1. Pemilik usaha: Bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis dan pengelolaan keseluruhan perusahaan.
  2. Manajer Produksi: Mengawasi proses produksi puding buah dari awal hingga akhir dan mengelola inventaris bahan baku dan peralatan produksi.
  3. Kepala R&D (Penelitian dan Pengembangan): Bertanggung jawab atas inovasi produk dan pengembangan resep puding buah baru.
  4. Manajer Kualitas: Menjamin kepatuhan produk puding buah terhadap standar kualitas yang ditetapkan.
  5. Manajer Pemasaran: Merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan puding buah dan bertanggung jawab atas branding, promosi, dan distribusi produk.
  6. Manajer Keuangan: Mengelola keuangan perusahaan, termasuk anggaran, pengeluaran, dan laporan keuangan.

B. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) sangat penting bagi usaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Meskipun seringkali UMKM memiliki keterbatasan dalam hal anggarandan skala operasional, pengelolaan SDM yang efektif dapat menjadi faktor kunci dalam kesuksesan mereka. Maka itu kami membuat usaha yang simpel dapat disantap oleh berbagai kalangan usia dan harga pun terjangkau.

ASPEK PRODUKSI

A. Lokasi Usaha

Kami memproduksi puding buah ini melalui pesan-antar (GoFood, GrabFood, & Shopee Food) dan online shop tanpa konsumennya langsung datang ke lokasi usaha.

B. Tenaga Produksi

Tenaga produksi merupakan peranan penting dalam membantu proses pembuatan Puding Buah Pelangi. Usaha Puding Buah memiliki 3 orang tenaga produksi dimana masing masing mempunyai tugas yaitu:
  1. Manajer yang bertugas sebagai penerima telepon dan orderan, dan mencatat pemesanan.
  2. Pegawai 1 sebagai penjualan produk dan membuat produk.
  3. Pegawai 2 sebagai mengemas produk dan mempromosikan produk melalui media sosial dan internet marketing.
Untuk saat ini Puding Buah Pelangi hanya membutuhkan 3 tenaga kerja karena usaha ini masih tergolong baru dan penghasilan yang di dapat masih sedikit.

C. Mesin dan Peralatan Produksi

  1. Kompor, gas dan panci untuk memasak puding.
  2. Pisau dan talenan untuk memotong buah-buahan.
  3. Cup ukuran 100ml dan sendok untuk kemasan puding.
  4. Pengaduk atau Whisk untuk mencampur bahan-bahan.
  5. Centong Sayur untuk mengambil puding yang telah dimasak.

ASPEK KEUANGAN

A. Alat Produksi

B. Bahan Baku Produksi


PENUTUP

Puding buah tidak hanya sekadar hidangan penutup, tetapi juga karya seni kuliner yang memikat. Dengan kombinasi unik antara kenikmatan manis puding dan kelezatan segar buah-buahan, puding buah mampu memanjakan lidah dan mata dengan pesona rasanya yang memikat dan tampilannya yang menggoda. Sebagai penutup yang tidak lekang oleh waktu, puding buah tetap menjadi favorit di meja makan dan merupakan pilihan yang sempurna untuk mempermanis setiap kesempatan kuliner.

DAFTAR PUSTAKA

  • Assanto, F. O. (2015). BUSINESS PLAN : CLASSIC TEA GARDEN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.4 No.1 , all.
  • Hady, V. C. (2016, Maret 10). Visi dan Misi Usaha Sendiri (Puding Coklat Susu). Retrieved from VennisiaChristineHady: https://vennisiachristinehady2396.blogspot.com/2016/03/visi-dan-misi-usahasendiri-pudding.html?m=1
  • Kharisma, A., Khairullah, H., Hasna, K., Permatasari, S. D., Nabilla, T., & Sulistyowati, Y. (2018). PUDING SEDOT (Perencanaan Pendirian Usaha Puding Buah Dalam Jar Botol). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Repository , all.
  • Nafilah, S. (2018, April 25). BUSINESS PLAN "CAKE PELANGI DADAR GULUNG". Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Repository , p. all.
  • Wirawan, E. (2021). PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN PUDING BUAH. SCRIBD, all. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkarya Untuk Negeri, Jauhi Narkotika, Ciptakan Generasi Gemilang.

Profile Nadila, My Blogger